Jumat, 11 Juni 2021

VISI GURU PENGGERAK

Our "Chemistry" Class, inilah gambaran yang saya buat untuk menunjukkan suasana kelas yang saya harapkan. Chemistry dapat diartikan sebagai kimia (mata pelajaran kimia) merupakan mata pelajaran yang saya ampu sejak tahun 2009. Selaian itu kata "chemistry" juga saya gunakan untuk menunjukaan bahwa adanya ketertarikan siswa saya terhadap proses pembelajaran yang diikutinya. Dengan adanya chemstry dari dalam diri siswa dan guru maka akan tercipta suasana belajara yang menyenangkan, membahagiakan dan bermakna.   

Visi yang saya miliki adalah:

---Menciptakan kelas bahagia dan pembelajaran bermakna untuk mewujudkan peserta didik yang beriman, mandiri dan berdaya saing global---

Visi ini mendukung Visi SMA Negeri 2 Tabanan "Terwujudnya peserta didik yang beriman, mandiri, berdaya saing global dan berlandaskan Tri Hita Karana"

Saya percaya bahwa hal yang kita lakukan dalam suasana bahagia akan lebih lama berbekas di ingatan, selain itu lebih banyak materi dan lebih banyak hal yang dapat diserap oleh pikiran kita. Pembelajaran bermakna artinya setiap siswa mendapatkan manfaat, mengetahui sesuatu, atau menguasai sesuatu setelah mengikuti pembelajaran. Kemudian dari sana akan terbentuk insan-insan yang beriman, mandiri dan berdaya saing global. 

Untuk mencapai visi tersebut tentunya harus ada strategi yang kita lakukan dan pastikan strategi itu menyentuh setiap siswa yang ada di kelas sampai nantinya ke seluruh sekolah. 

Saya akan mulai dari strategi yang ingin saya terapkan di kelas saya yaitu menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA. Tujuan kegiatan yang akan saya lakukan adalah untuk memberikan perhatian yang sama kepada seluruh siswa saya. Agar tidak ada lagi siswa dengan kemampuan rat-rata yang luput dari perhatian karena terlalu fokus pada siswa kemampuan tinggi atau kemampuan rendah. 

BAGJA adalah model manajemen perubahan sekolah yang menggunakan pengalaman postif sebagai kekuatannya. BAGJA adalah akronim dari lima tahapan kegiatan yang meliputi: 

  1. (B) Buat Pertanyaan: merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah. 
  2. (A) Ambil Pelajaran: mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di sekolah 
  3. (G) Gali Mimpi: menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan dan diharapkan 
  4. (J) Jabarkan Rencana: merumuskan rencana tindakan tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan 
  5. (A) Atur Eksekusi:memutuskan langkah-langkah yang akan diambil, siapa yang akan terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya.

Bentuk kegiatan yang saya lakukan adalah praktikum kimia berbasis lingkungan tempat tinggal siswa, Adapun tahapan kegiatan yang menerapkan BAGJA adalah:   





Demikianlah pemaparan saya tentang visi saya dan rancangan strategi yang akan saya dunakan untuk mencapai vidsi . 


1 komentar:

  1. Wah...luar biasa ibu Rani ide kreatifnya. Saya melihat benang merah yang kontekstual dan kuat antara filosofi pendidikan KHD "bermain" yang artinya bagaimana mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan sebagai kunci keberhasilan belajar, menuju Visi ibu sesuai nilai dan peran Guru Penggerak untuk mendukung pncapaian Visi Sekolah. Langkah BAGJA sebagai strategi perubahan melalui Inkuiri Apresiatif yang berorientasi kepada kekuatan di sekolah ibu juga terlihat jelas operasionalnyadalam mata pelajaran yang ibu ampu. Menjadi tidak sabar menunggu berta baik dari aksi nyatanya.

    BalasHapus

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Dalam UU No 20 tahun 2003 dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa ...