Jumat, 28 Mei 2021

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

"Guru Masa Depan (Future Teacher)" adalah gambaran yang saya buat tentang impian saya sebagai guru. Dalam ilustrasi tersebut saya menggambarkan sosok seorang guru dengan senyum yang mengembang, yang menunjukkan kecintaannya terhadap profesi dan siswa-siswanya. Di depan guru berdiri siswa-siswa dengan senyum dan perasaan merdeka dan bahagia. Di sisi kiri guru dan siswa terdapat gelembung nilai guru penggerak dan tujuan yang diharapkan oleh guru dan siswa yaitu Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila. 
Bagaimana cara mencapai tujuan tersebut? 
Menginternalisasi nilai guru penggerak itulah jawabannya. 

Selain tujuan Merdeka Belajar dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, penguasaan seorang guru terhadapa nilai dan peran guru penggerak juga akan mengantarkan seorang guru mencapai jenjang kompetensi guru tingkat "mahir". Kompetensi guru yang dimaksud adalah: 
1. Kategori pengetahuan profesional: 
  • menganalisis struktur dan alur pengetahuan untuk pembelajaran; 
  • menjabarkan tahap penguasaan kompetensi murid; dan 
  • menetapkan tujuan belajar sesuai dengan karakteristik murid, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila
2. Kategori praktik pembelajaran profesional: 
  • mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman; 
  • menyusun desain,melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran yang efektif; 
  • melakukan asesmen, memberi umpan balik, dan menyampaikan laporan belajar; dan 
  • mengikutsertakan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran. 
3. Kategori pengembangan profesi: 
  • menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri; 
  • menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi, untuk berperilaku sesuai kode etik guru; 
  • menunjukkan praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak; 
  • melakukan pengembangan potensi secara gotong royong untuk menumbuhkan perilaku kerja; dan 
  • berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier. 

Lalu apa saja yang termasuk ke dalam nilai dan peran guru penggerak? 

Nilai menurut Rokeach, merupakan keyakinan sebagai standar yang mengarahkan perbuatan dan standar pengambilan keputusan terhadap objek atau situasi yang sifatnya sangat spesifik. Kehadiran nilai dalam diri seseorang dapat berfungsi sebagai standar bagi seseorang dalam mengambil posisi khusus dalam suatu masalah, sebagai bahan evaluasi dalam membuat keputusan, bahkan hingga berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Melihat peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Sebagai seorang Calon Guru Penggerak kita diharapkan dapat menginternalisasi nilai guru penggerak diantaranya: 
  1. Mandiri, yaitu mampu mendorong diri untuk melakukan aksi. 
  2. Reflektif, yaitu mampu senantiasa merefleksi dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya. 
  3. Kolaboratif, yaitu mampu membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak. 
  4. Inovatif, yitu mampu memunculkan gagsan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu atau masalah tertentu. 
  5. Berpihak pada murid, yaitu mengutamakan kepentingan murid, memahami kodrat anak dan menggali kebutuhan anak. 
Selain nilai guru penggerak, seorang guru juga harus memahami perannya sebagai guru dalam dunia pendidikan. Yang dimaksud dengan peran adalah perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang dalam masyarakat.Adapun peran guru penggerak adalah: 
  1. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah. 
  2. Menggerakkan komunitas praktisi untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya. 
  3. Menjadi coach bagi guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah. 
  4. Mendorong kolaborasi antar guru. Membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 
  5. Mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah. 
Ketika kita berbicara tentang nilai dan peran guru penggerak maka kita akan dihubungkan ke Filosofi Ki Hadjar Dewantara. Keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak dengan filosofo KHD adalah nilai dan peran guru penggerak merupakan aksi nyata guru dalam menerapkan filosofi pendidikan KHD. Dalam nilai dan peran guru penggerak tercermin filosofi KHD seperti menuntun, among, menghamba pada anak, permainan anak, dan guru adalah petani kehidupan. Misalkan kita ambil beberapa contoh nilai berpihak pada murid yang sangat mencerminkan filosofi menghamba pada anak. Inovasi pembelajaran yang gembira dan dinamis merupakan cermikan dari permainan anak. Peran seorang guru menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being adalah cerminan dari filosofi menuntun, among, dan petani kehidupan. 
Untuk menguatkan nilai dan peran dalam diri saya maka saya harus memiliki suatu strategi dimana strategi tersebut saya singkat dengan PCO2: 
  1. Positive thinking ( berpikir positif) = selalu mengambil nilai postif dari setiap proses ataupun masalah. 
  2. Competent (kompeten) = selelu konsisten mengisi diri sehingga akhirnya makin kompeten dan makin dipercaya oleh rekan kerja sehingga dapat meningkatkan peran saya di lingkungan sekolah ataupun komunitas. 
  3. Open minded (berpikiran terbuka) = siap menerima segala masukan dan kritikan untuk menyempurnakan nilai dan peran saya sebagai guru. 
  4. Optimistic (optimis) = selalu optimis bahwa saya bisa berubah makin baik lagi, optimis bahwa saya bisa mengerjakan banyak hal baru, dan optimis bahwa sekecil apa pun perubahan yang saya lakukan akan memberikan efek bagi peningkatan pendidikan. 
Terlepas dari strategi yang saya miliki, peran pihak di sekitar saya pastinya sangat berpengaruh terhadadap penguasaan saya terkait nilai dan peran guru penggerak. Siswa dan rekan guru adalah rekan dalam berkolaborasi mencapai nilai dan peran guru penggerak. Dari siswa kita dilatih untuk selalu merefleksi diri, meningkatkan hal-hal yang sudah saya kuasai dan menyempurnakan yang belum dikuasai. Dari rekan sejawat saya dapat meniru jejak kesuksesan rekan guru dan teman untuk berdiskusi dan mencari pemecahan suatu masalah yang ditemui.Kepala sekolah sebagai pendukung dalam setiap kegiatan terutama dalam pengembangan diri. Keluarga juga memegang peranan penting sebagai pendukung dan pemberi restu dalam setiap kegiatan yang saya lakukan.

3 komentar:

  1. Semoga dapat menjadi guru masa depan yang menginspirasi

    BalasHapus
  2. Mantab....Konsep nya dalam sekali. Saya percaya strategi mencapainya dengan PCO2 akan lebih efektif.

    BalasHapus
  3. semoga saya bisa jadi guru yg baik.

    BalasHapus

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Dalam UU No 20 tahun 2003 dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa ...